Tuesday, October 22, 2013

ikan tuna termahal dengan harga 17 miliar/ ekor

Dunia kembali di kejutkan di bidang perikanan dengan penjualan Ikan Tuna Sirip Biru di negara Jepang, tokyo.  Ikan Tuna Sirip Biru di tangkap oleh salah seorang nelayan dan kemudian melelangnya di Tsukiji, Tokyo, Sabtu, 5 Januari 2013. Dengan pemenang lelang Kiyoshi Kimura dengan membayar harga  tertinggi pada tahun lalu, dengan seharga  115 juta yen atau sekitar 17 milliar.


Ikan tuna sirip biru pemecah rekor itu ditangkap di perairan timur Jepang. Berat ikan ini setelah ditimbang sekitar 222 kilogram, lebih ringan 47 kilogram dari ikan tuna termahaltahun lalu. Awal tahun 2012, ikan yang sama terjual dengan harga 56 juta yen atau sekitar Rp6,2 miliar. 
Harga ini memang tidak mencerminkan kualitas atau ukuran. Ini lebih terkait pada publisitas dan pengaturan tahun bisnis. Apalagi pasar ini menjadi pusat perdagangan jutaan dolar setiap harinya.

Ikan tuna sirip biru memang idola. Dagingnya yang berwarna merah muda dan lembut memang sangat bagus untuk sushi dan sashimi. Irisan terbaik dari tuna sirip biru berlemak, yang disebut "o'toro" dijual seharga 2.000 yen atau sekitar Rp 221 ribu per potong di bar sushi Tokyo.

Kimura, pemilik jaringan restoran sushi "Sushi-Zanmai" di Tokyo itu langsung membawa ikan tuna sirip biru termahal itu ke cabang toko sushi miliknya yang paling dekat. 


Harga ikan tuna sirip biru saat ini di pasaran sekitar 700 ribu Yen atau sekitar Rp 77 juta per kilogram. Jepang adalah negara pengkonsumsi lebih dari separuh ikan tuna sirip biru yang ada di seluruh dunia atau sekitar 80 persen stok ikan langka itu. Banyak hasil tangkapan global dikirim ke Jepang untuk dikonsumsi. 

No comments:

Post a Comment