Friday, November 1, 2013

Penanganan Ikan DI Darat

NAMA           : ARDI
NIM               : L23111901
PRODI           : Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan

SOAL UJIAN AKHIR MATA KULIAH PENANGANAN HASIL TANGKAPAN
1.       Jelaskan 4 prinsip yang harus diterapkan dalam penanganan ikan di darat
2.       Jelaskan mengapa keempat prinsip tersebut harus diterapkan
3.       Jelaskan mengapa ikan yang baru saja mati disebut bahan pangan yang berada dalam tingkat kesegaran yang maksimal
4.       Jelaskan apa yang terjadi jika ikan hasil tangkapan tidak sesegera mungkin ditangani dengan baik
5.       Buat 3 soal yang terkait dengan sanitasi penanganan ikan di darat dan berikan jawaban yang relevan.
Jawaban :
1.       4 prinsip yang harus di terapkan dalam penanganan ikan di darat:
A.      Cepat
Ikan akan cepat menurun kondisi kesegarannya/ atau mutunya karena pertumbuhan bakteri sangat cepat menggerogoti ikan oleh karena itu kita harus melakukan penanganan dengan cepat supaya kondisi kesegarannya/ mutunya dapat di pertahankan.

B.      Cermat/ hati- hati
Dalam melakukan penanganan kita harus memperlakukan ikan dengan hati- hati pada saat penanganan ikan sedang berlangsung, karena apabila tidak hati hati maka tubuh ikan bisa saja mendapat luka, apabila terdapat luka pada tubuh ikan maka bakteri akan sangat cepat menyerang tubuh ikan melalui luka ini. Oleh karena itu kita harus memperlakukan ikan dengan sangat baik supaya tubuh ikan tidak cacat.

C.      Bersih/ sehat
Ikan cepat menurun mutu kesegarannya dan cepat di serang bakteri apabila pada saat penanganan, wadah yang di gunakan tidak bersih atau sehat. bukan hanya wadah saja yang perlu di perhatikan pada saat penanganan ikan tapi seluruh yang terlibat dalam penanganan ikan haruslah bersih.

D.      Menerapkan suhu rendah/ dingin
Menerapkan suhu rendah atau dingin sangat dianjurkan pada saat penaganan karena dapat menghambat aktivitas bakteri yang ada dalam tubuh ikan dan menjadikan ikan tetap dalam keadaan segar.

2.       Mengapa keempat prinsip itu harus di terapkan karena agar supaya kondisi kesegaran ikan/ mutu ikan dapat di pertahankan semaksimal mungkin, dan juga untuk mengahambat pertumbuhan bakteri yang ada dalam tubuh ikan yang bisa menyebabkan penurunan mutu pada ikan/ pembusukan.

3.       Ikan yang baru saja mati di sebut bahan pangan yang berada dalam tingkat kesegaran maksimal artinya kita hanya bisa mempertahankan tingkat kesegaran maksimal ikan tersebut atau sampai disitulah tingkat kesegarannya maksimalnya dan sudah tidak bisa ditingkatkan lagi dan kita hanya bisa mempertahankannya.

4.       Yang terjadi pada ikan hasil tangkapan jika tidak di tangani dengan baik yaitu mutu atau  tingkat kesegaran dari ikan tidak dapat dipertahankan dengan baik karena pasti tubuh ikan akan mendapat luka dan luka pada tubuh ikan cepat di serang oleh bakteri yang menyebabkan kemundururan mutu pada ikan dan apabila ini terjadi maka proses pembusukan akan cepat terjadi pada ikan.

5.       Soal sanitasi penanganan ikan di darat
a.       Kenapa sanitasi harus diterapkan pada penaganan ikan didarat?
Karena pada kondisi tidak saniter maka bakteri akan cepat tumbuh dan menggerogoti tubuh ikan.

b.      Kenapa wadah dalam  penanganan ikan di darat harus berada dalam kondisi yang saniter?
Karena wadah yang  tidak dalam keadaan bersih bisa menyebabkan tubuh ikan mudah di serang oleh bakteri yang menyebabkan menurunnya mutu kesegaran ikan tersebut.

c.       Kenapa seluruh aktivitas yang terlibat dalam penanganan ikan haruslah dalam keadaan saniter?

Karena apabila semuanya tidak saniter/ bersih maka bakteri bisa berada di mana saja  dan juga kuman penyakit dan ini membahayakan ikan terutama mutu kesegaran ikan ini akan cepat menurun akibat aktivitas bakteri.

No comments:

Post a Comment